UCD ( User Centered Design )
Standar Proses UCD untuk Sistem Interaktif
UCD ( User Centered Design )
UCD ( User Centered Design ) merupakan paradigma baru dalam
pengembangan sistem berbasis web. Perancangan berbasis pengguna ( User Centered
Design / UCD ) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan filosofi
perancangan. Konsep dari UCD adalah User sebagai pusat dari proses pengembangan
sistem, tujuan, sifat-sifat, dan lingkungan sistem semua didasarkan dari
pengalaman pengguna.
Proses dari User Centered Design ( UCD ) terdapat lima
proses yaitu seperti gambar dibawah :
1. Plan the human-centered design process
Pada tahap ini dilakukan diskusi terhadap orang-orang yang
akan mengerjakan proyek, untuk mendapatkan komitmen bahwa proses pembangunan
proyek adalah berpusat kepada pengguna atau user. Proyek akan memiliki waktu
dan tugas untuk melibatkan pengguna atau user dalam awal dan akhir proses atau
di mana mereka dibutuhkan. Dan juga orang-orang yang mengerjakan proyek harus
mengetahui betul tentang metode User Centered Design (UCD) ini melalui studi
literatur, pelatihan atau seminar. metode ini dilakukan dengan cara membaca dan
memahami buku - buku referensi, jurnal, dan media lain yang berkaitan dengan
pengolahan data secara umum yang mendukung dan mempertegas teori - teori yang
ada, sehingga dapat menanamkan komitmen bahwa perancangan menggunakan User
Centered Design (UCD) dapat memenuhi keinginan pengguna.
2. Understand and Specifying the Context of Use
Pada tahap ini, Proses UCD Mengidentifikasi orang yang akan
menggunakan produk. Ini akan menjelaskan untuk apa dan dalam kondisi seperti
apa mereka akan menggunakan produk. Dalam memahami dan menentukan konteks
pengguna meliputi :
· Karakteristik pengguna yang diharapkan
· Pekerjaan yang dilakukan pengguna
· Pemecahan secara hirarki atas pekerjaan global
· Tujuan global penggunaan sistem untuk setiap kategori
pengguna, termasuk karakteristik tugas yang mungkin mengganggu penggunaan dalam
scenario khusus, seperti frekuensi dan lama kinerja.
· Deskripsi harus mencakup alokasi aktifitas dan langkah
operasional antara manusia dan sumber daya teknologi.
· Pahami lingkungan tempat pengguna akan menggunakan system.
· Sangat penting awal langkah untuk menentukan kebutuhan
sistem minimal dan optimal dengan memperhatikan.
3. Specify the user and organizational requirements
Mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan kebutuhan
organisasi. pada tahap ini adalah tahap penggalian informasi atau data untuk
menggumpulkan kebutuhan dari pengguna, kemudian setelah informasi/data telah
terkumpul, dilakukanlah penataan informasi dari data kebutuhan pengguna
tersebut, lalu kebutuhan pengguna digambarkan ke dalam berbagai bentuk/teknik,
seperti narasi, gambar, atau diagram, dll. Dalam hubungannya dengan konteks
pengguna yaitu :
· Kualitas perancangan interaksi manusia dan komputer serta
workstation.
· Kualitas dan isi tugas pengguna ( termasuk alokasi tugas
diantara kategori pengguna yang berbeda ).
· Kinerja tugas yang efektif khususnya dalam hal
transparansi aplikasi ke pengguna.
· Kerjasama dan komunikasi yang efektif diantara pengguna
dan pihak ketiga yang relevan.
· Dibutuhkan kinerja sistem baru terhadap tujuan finansial.
4. Produce Design Solutions
Tahap ini merupakan tahap perancangan solusi. Dimana
peneliti akan membangun desain sebagai solusi dari sistem yang sedang
dianalisis dengan teknik prototyping yang digunakan untuk membuat ide-ide
terlihat dan memfasilitasi komunikasi yang efisien dengan pengguna. Ini
mencegah kemungkinan kebutuhan dan biaya tinggi yang terkait untuk pengerjaan
ulang produk pada langkah berikutnya dari siklus hidup. Ketika solusi desain
disajikan kepada pengguna, mereka juga harus diperbolehkan untuk melaksanakan
tugas-tugas. Umpan balik pengguna yang dikumpulkan harus dimasukkan dalam
perbaikan solusi desain. Ini harus iterasi terus sampai tujuan desain telah
dipenuhi
5. Evaluate design against requirements
Tahap ini merupakan tahap evaluasi terhadap perancangan yang
telah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Evaluasi ini dilakukan untuk
mengetahui sejauh mana perancangan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan
pengguna dengan teknik kuesioner. Tujuannya adalah untuk menghasilkan umpan
balik untuk lebih meningkatkan produk dan untuk menentukan apakah desain
memenuhi kebutuhan pengguna yang ditentukan, tujuan kegunaan dan sesuai dengan
pedoman kegunaan umum. Siklus proses UCD terus berlangsung selama tujuan
kegunaan belum dipenuhi.
Posting Komentar